Rabu, 31 Oktober 2018

Teaching English (Cloths)

My today's story
(Another Story)

Kamis besok anak-anak kelas 2 akan ulangan bahasa Inggris ..
Hari ini mereka sudah ulangan dua mapel.. Agama dan matematika.. lumayan ya..
Untuk sedikit menghibur mereka agar tak "tegang" berlanjut..saya bermaksud ajak mereka bermain di 2 jam terakhir sebelum bel pulang.. pas pelajarannya bahasa Inggris.. sekali lagi ..sekalian review persiapan ulangan

Temanya adalah tentang jenis-jenis pakaian..baik untuk wanita maupun pria..
Saya membawa beberapa koleksi baju saya yang mewakili item-item yang dipelajari..
Skirt.. shirt... T-Shirt... dress.. trousers.. shorts.. blouse.. and socks
Ah .. I forgot pyjamas..

Setelah me-review nama-nama jenis pakaian yang saya bawa.. dan mengajak mereka mendeskripsikan hiasan dan corak dalam setiap pakaian.. saya mengajak mereka bermain dalam group lagi.. berusaha menemukan jenis pakaian yang disebutkan dalam kalimat-kalimat singkat yang saya bacakan
Seperti: my mother goes to the mall and buy a new skirt.. please find the skirt..

Lalu.. perwakilan group akan berlomba cepat-cepatan mendapatkan "skirt" yang sudah di susun rapi di meja depan kelas ..
Awalnya masih soal yang mudah saja.. satu kalimat satu jenis pakaian saja yang disebutkan

Selanjutnya ..
Soal agak sulit.. satu kalimat berisi beberapa jenis pakaian dan hanya dibacakan satu kali saja soalnya.. sehingga mereka yang tidak konsentrasi akan tertinggal

So far menurut saya anak-anak senang
Hanya saya yang agak sedih melihat baju-baju saya diperlakukan haha.. semua harus masuk laundry segera deh

At the end .. saya tanya .. are you happy?
No miss..
Ooppss... kaget saya ... loh kenapa ndak senang

Kan aku kalah miss .. 
Oohhhh karena kalah dalam games  ya.. ya tidak apa .. mungkin lain kali akan menang di games lainnya .. dan kita bermain bersama sekalian belajar untuk ulangan Engliah besok kamis kan ... saya berusaha menghibur sebisa saya

Lalu anak-anak berkemas pulang
satu anak datang mendekati saya dan berbisik

. Miss .. saya senang loh hari ini ..

Oya kenapa senang ...tanya saya

Karena ulangan PKN ku dapat nilai 100

......ooo tiwas saya ge er kirain senang habis main games sebelum pulang......
Anyway .. I always enjoy my daily life with them ..  what will be my next adventures?
Just wait....

Selasa, 30 Oktober 2018

About Planting flower

this morning
simply talking
....

ini foto bunga yang Miss tanam bareng sama kalian dulu tanam biji loh
(kata saya)

koq cepet Miss berbunganya
(sahut seorang anak)

iya.. kira-kirq kenapa ya?
(saya memberi pertanyaan yang membuat mereka menganalisa)

mungkin tanahnya lebih subur ya miss?
(murid 1 mulai menganalisa)

tanahnya sama dengan tanah yang miss kasi ke kalian untuk menanam
(jawab saya)

karena dapat cukup matahari ya Miss
(analisa lainnya dari murid yang lainnya)

iya, dapat sinar matahari cukup kadang-kadang, karena Miss tanamnya di balkon jadi tudak selalu kena cahaya matahari langsung
(saya menjelaskan)

setidaknya mereka mulai bisa menyimpulkan.. tanaman bisa tumbuh subur karena tanahnya subur dan pencahayaan yang baik dari sinar matahari

baiklah itu memang analisa sangat sederhana dari anak-anak, dan bukan hal yqng istimewa bagi sebagian besar orang dewasa.. mungkin ya

tapi bagi saya yang mengajar mereka, ada kepuasan tersendiri melihat mereka mampu menyerap pelajaran yang diberikan dalam teori (pelajaran IPA) ketika dipraktekan dalam kehidupan nyata (mangamati pertumbuhan tanaman yang saya tanam dan juga mereka tanam)

ending conversation this morning

oya ..Miss ingat.. tanaman Miss selalu Miss siramin dengan air sisa cucian beras.. kalau Miss mau masak nasi.. mungkin itu yang membuat tanah jadi lebih subur ya dan tanamannya berbunga lebih cepat dan juga Miss tanam di pot yang besar jadi tanahnya lebuh banyak
(jelas saya pada akhirnya)

memang sih saya sering bilang juga ke anak-anak kalau saya menyiram tanaman dengan air sisa cuci beras.

just this morning conversation with some pupils in the class

Manfaat hewan

My today's story

Ini pelajaran IPA..
Saya meminta mereka membaca buku tematik sebentar.. bagian yang akan dibahas..

selanjutnya saya tunjuk 12 anak perwakilan dari masing-masing kelompok untuk menggambar hewan apa saja .. terserah dan semampu mereka..

lalu dibentuk 3 kelompok untuk berdiskusi

Tugasnya adalah
Skarang kalian coba tebak gambar apa yang ada di papan.. (sebelumnya no animals' names)
Lalu diskusikan dengan teman-teman kalian.. apakah hewan tsb bermafaat bagi manusia atau merugikan..

Jika bermanfaat ..apa manfaatnya.. jika merugikan menyebabkan kerugian apa..

Waktunya 10 menit.. minta salah satu anak dalam tiap kelompok untuk n
Menuliskan jawaban di kertas..

Dan selanjutnya bisa kalian bayangkan kondisi kelas.. seru .. menarik diskusi mereka

Selanjutnya keyika waktunya pembahasan hasil diskusi.. saya menuliskan semua ide yang mereka diskusikan dalam masing-masing kelompok.. dan tentu saja dengan sedikit (padahal ha sedikit sedikit amat hehe) bantuan dari saya

Selesai berdiskusi ini.. saya mulai mengajar materi tambahan-tambahan dari kekurangan diskusi anak-anak..

Dan waktu pun habis.. menjelang bel pulang sekolah.. karena ini di dua jam terakhir sekolah.. saya bilang ke mereka .. kita tidak punya cukup waktu untuk mengerjakan BKJ hari ini.. kita akan kerjakan hari Jumat..

Salah satu anak bilang.. karena waktunya habis buat "bermain" ya miss?..
Bermain? Tanya saya balik..
Iya miss.. tadi dalam kelompok-kelompok .. seri tahu miss ..

Jadi mereka sedang saya ajak belajar .. tapi dalam bayangan mereka (sambil) bermain..
So they enjoy it.. thanks God...

Wait for always next adventures of my life with my students ...

GOD bless.. and Good night

Senin, 29 Oktober 2018

Rembulan dan Mentari

Apakah aku rembulan?
Apakah aku mentari?
Yang jelas ku bukan bumi
Karna ku melihatnya di sini

Bila ku rembulan
Bila ku mentari
Lalu mengapa menjadi beda?

Bilaku mentari, ku bersinar diri
Bilaku rembulan, ku memantul sinar mentari
Namun bilaku bumi, ku tiada bersinar
Ku hanya menerima sinar

Apakah rembulan?
Apakah mentari?
Tempatku sama menanti diujung sini
Di sisi bumi yang lainnya

Written by Ari Budiyanti
29 0ktober 2018

Tokoh utama

Siapa " Lakon " nya
(yesterday afternoon)

kemaren sore, saya membacakan tiga cerita Alkitab ke mas Radit
tentang Daud dan Goliat, Daniel di Goa Singa dan kisah bayi Musa dan putri Firaun
setiap selese satu cerita mas Radit bertanya
"Lakon nya siapa bulik?"
(Lakon itu tokoh utama)

Jawaban bulik dengan pertanyaan balik.. agar mas Radit menyimpulkan sendiri
1. yang bikin Daud menang lawan Goliat siapa Dit? itu pertanyaan pertama saya ... jawab Radit: Tuhan, Bulik
2. Yang menolong Daniel agar tidak disakiti sama singa-singa di dalam goa, siapa mas Radit? ... jawabnya sama: Tuhan
3. yang melindungi bayi Musa agar tidak dibunuh dan ditemuin sama putri Firaun, siapa? jawab mas Radit : Tuhan

Jadi Lakon nya siapa dong mas Radit? jawab mas Radit: Tuhan ya Bulik...
Benar, seratus buat mas Radit

that's a simple story with mas Radit yesterday afternoon

kita sering lupa, dan menganggap bahwa kita adalah "lakon" dalam kehidupan kita sendiri
semua karena kita bisa, bisa mengalahkan pergumulan berat, bisa sukses dalam pekerjaan, bisa sukses dalam study, bisa giat dalam pelayanan dan sebagainya
kita kadang lupa, bahwa semua adalah karena Tuhan

Lakon nya adalah Tuhan... for God all the glory alone

29 Okt 2014

Sabtu, 20 Oktober 2018

Sang bayu

Bukan aku tak mau pergi
Juga berhenti berlari aku ingin
Namun hempasan sang bayu
Tak sanggup kupungkiri
Kuatnya membuatku berlari
Lagi dan lagi tanpa henti
....

Again written by me

Ari Budiyanti

Sabtu, 13 Oktober 2018

sebuah relung hidup






Sebuah perjalanan kehidupan
yang tak pernah sama dalam nuansanya
namun berulang dalam emosinya
yang mendewasakan pemiliknya

Jumat, 12 Oktober 2018

Rhymes

Teaching Rhymes
...
I do like teaching rhymes to my pupils.
We can sing some rhymes too.
But lucky me, I teach two rhymes in every unit of English lesson at school for grade 1.
I can't find any song to sing the rhymes.
But .. God always helps me to find ideas in teaching rhymes to my pupils. In their age about 6 years old.. they really like to do attracting movements. Thanks God, I always find new movement for every rhyme I teach them. Now we are in unit 4.. so we have learned 8 rhymes with 8 kind of movements.
My pupils seem enjoy the rhymes and they recite the rhymes properly. They sometimes do better than me. Haha..
I asked them to recite the rhymes by themselves and amazingly they remember most of the rhymes include the movements.
But me .. don't ask.. I forgot some movements in 8 rhymes..
I do enjoy teaching rhymes.. that's way my pupils too.. they enjoy learning rhymes with me. Thanks God for giving me some new ideas for every new rhyme.
This is my teaching adventure.. my life..
Love teaching.. love my pupils too
Written by Ari Budiyanti
Just today
October 12, 2018

Tunas baru

Sebuah kehidupan
(Tunas baru muncul)

Aku sudah putus asa tentangnu
Ada rasa bersalah setiap melihatmu
Kau seperti mengering layu
Menjauh dari segar yang biasanya

Aku ragu di mana salahku
Ku ingat memberimu kesejukan
Dengan guyuran air secukupnya
Terkadang aku memang lupa
Sehingga kupikir apakah karena lalaiku

Hujan kini seperti mengulurkan persahanatan padaku
Hadir setiap hari bersama kelabunya mendung
Aku sedikit terhibur dan merasa tak perlu lagi
Membagimu kesejukan air nan dingin

Dan bahagiaku hadir bersama tumbuhmu
Yang aku tak tahu kapan mulainya
Yang tak kuperhatikan kapan berkembangnya

Kau muncul sebagai tunas baru masih kecil
Dan tumbuh hijau segar di sela-sela tanaman besarmu
Yang mungkin boleh dibilang indukmu

Aku senang dan cukup terkejut
Aku terpaku melihat sebuah kehidupan baru
Yang selama ini terabaikan olehku

Terimakasih Tuhanku
Memberi pertumbuhan pada anggrekku
Yang hampur layu kering di musim lalu

....
My orchid
Oktober 12, 2017
Written by Ari Budiyanti

Kamis, 11 Oktober 2018

Bible Verse

Pulang sekolah hari ini

"Miss.. "
Panggil dua murid saya yang belum pulang.
"Ada apa?"
Kata saya todak terlalu bersemangat, karena masih kelelahan seusai mengajar dan mengerjakan beberapa tugas adminitrasi kelas.

"Kami mau hapal Bible Verse, kurang 1 Miss. yang dua ini sudah selesai, tinggal 1"

"Ok," jawab saya, "silakan dimulai"

Mereka berdua terbata2 menghapal 1 ayat. Bolak balik ga hapal juga.

"Belum hapal ya? "Lanjut saya sambil mau siap2 kerja lainnya. Tapi saya melihat kesungguhan di mata mereka ingin sekali hapal 1 ayat ini. Akhirnya.. saya bilang

"Ya udah sini, Miss ajarin lagi cara hapalin Bible verse biar cepat hapal" sebenernya sudah  sering diajarin dengan cara ini tapi anak2 masih sering lupa.

"Tunjukan 5 jari tangan kanan kalian, mulailah membagi ayatnya dalam 5 bagiam lebih singkat, mulai ibu jari sampai kelingking. Hapalkan kalimat singkat per jari. Lakukan berulang ulang"

Dan saya pun menolong mereka menghapal ayat Alkitab sampai mereka hapal. Tidak sampai 5 menit dengan cara tersebut.

Lalu setelah hapal, mereka pun mulai mengulanginya tanpa bantuan saya

Well.. well.. well
Good job my pupils
Meski miss sebenernya lelah sangat dan lapar, tak apalah menolong kalian yang sangat ingin hapal Bible verse

Semoga kalian tidak hanya hapal Bible Verse tapi dimampukan Tuhan untuk menjadi pelaku-pelaku firman Tuhan ..

Amin..

Cara menarik lainnya untuk mengajar Bible Memory Verse, saya biasajya dengan menyanyikan BIBLE verse tsb.. dan anak-anak senang

Mazmur 119:9 (TB)  Dengan apakah seorang muda mempertahankan kelakuannya bersih? Dengan menjaganya sesuai dengan firman-Mu.

https://alkitab.app/v/ba3b46a2c425

Good night

Tak bisa ternyata

Aku menggenggammu
seerat kubisa
Aku menolak melepasmu
sekuat kumampu
Ah... apa dayaku
yang adalah manusia
tak bisa ku menahanmu

Sebait nada

Hanya sebait lagi hadirmu sejenak
Hanya senada saja pula
kau nampak padaku
Bukan dalam kisah cinta
namun sebuah sendu saja

Jumat, 05 Oktober 2018

Karena kita ini berharga di mata Pencipta kita

Yesterday I taught

Kemaren menggantikan guru lain mengajar Bahasa Inggris di kelas 2. Tahun ini saya memang mengajar Bahasa Inggris di kelas 1 saja karena itupun sudah dua kelas.

Kami masih ada sisa waktu pelajaran bahasa Inggris sekitar 15 menit sebelum jam istirahat pertama. Saya memituskan untuk membacakan cerita mengenai Lion sesuai tema pelajaran bahasa Inggris mengenai kind of animals.

Hal menarik dalam buku National Geoghrapic yang saya bacakan untuk mereka, digambarkan detail kehidupan Lion .. juga bagaimana Morfologi tubuh Lion yang dirancang sedemikian rupa untuk melakukan fungsinya dalam kehifupan sehari-hari.

Mulai dari bentuk tubuh, fungsi ekor, bentuk dan susunan kaki termasuk jenis cakarnya..  yang memungkinkan si Lion ini berlari cepat untuk mengejar dan memangsa makanannya.

Bukan hanya itu .. bentuk gigi dan lidah lion pun dirancang sedemikian rupa untuk fungsi memakan daging. Anak-anak begitu antusias dan terheran-heran.

Lion adalah hewan ciptaan Tuhan. Dan didesign sedemikian rupa oleh Tuhan. Tuhan tidak pernah main-main dalam membentuk ciptaanNya.

Terlebih lagi kalian. . Anak-anak.. kalian adalah manusia-manusia yang sangat berharga bagi Tuhan.  Kalian dicipta dengan sangat unik. Lion aja sangat diperhatikan oleh Tuhan, terlebih lagi kalian. Jika kalian mendengar orang-orang mengatakan hal-hal buruk tentang kalian.. jangan dengarkan mereka berlebihan.. ingat selalu bahwa kalian berharga di mata Tuhan Sang Pencipta.

Kata saya mengakhiri cerita mengenai lion.
Benar. Tuhan mencipta manusia sangat indah. Alkitab bilang betapa dahsyat dan ajaib kejadianku, Engkau menenunku di rahim ibuku. Suatu pekerjaan mulia. Kalau kita saja dipandang begitu berharga oleh Tuhan, kita pun harus menghargai diri kita sendiri dan juga  menghargai orang lain. Tahan mulut dari kata-kata yang negatif pada orang lain. Biasakanlah menemukan dan menyatakan hal positif dan kebaikan pada diri orang lain. Karena itu akan menolong orang tersebut bersemangat menjalani kehidupan.

Saya pun masih belajar. Dalam kemarahan dan emosi mendalam berusaha menutup mulut rapat-rapat. Mendapat hinaan dan celaan pun tidak membalas seketika. Dan saya yang penuh kelemahan ini hanya bisa bertahan karena pertolongan Tuhan Yesus.

Happy weekend

Written by Ari Budiyanti

Nasi dan kerupuk

"Miss.. hari ini makan apa?"

Murid-murid saya suka cek bekal makanan saya
...
"Hari ini Miss makan nasi sama krupuk saja"

Ada yang kirain saya hanya bercanda.. dicek tas makan saya ..

"Oiya.. Miss makan sama kerupuk saja"

"Iya .. Miss lupa uangnya habis.. belum ambil lagi .. jadi pas ada kerupuk saja.. ya Miss makan ini.. "

Sebenernya pagi ini mau mampir ATM ambil uang biar bisa beli lauk... tapi ga keburu.. jadi paginya makan nasi dengan kerupuk saja.

Ternyata .. Miss Ari bisa ya makan nasi sama kerupuk saja .. entah apa yang mereka pikirkan..

Tapi ada satu murid yang datengin saya dan tiba2 ngasi saya lauknya..
"Miss coba ini ya?" Kata dia

So sweet.. hehe..
Thank you (I said)

Jangan cemas .. saya ga ambil lauk banyak-banyak .. saya belajar menghargai dia yang sedang belajar berbuat baik pada gurunya .. jadi saya ambil 1 bagian kecil saja.. hehe

Bukannya saya sengaja mau makan pake kerupuk saja.. tapi memang kondisi kepepet hari ini.. 

(Jangan tanya siangnya ya .. hehe.. makan nasi lauk sayur lengkap deh )

Today's story

Rabu, 03 Oktober 2018

Tak boleh terdiam

Ah... setiap buku2 itu terlepas dari tanganku
Setiap lagu lagu itu berhenti mengalun
Dan setiap pekerjaan lainnya terselesaikan
Dan setiap saat itulah ku muncul di benakku

Seandainya setiap semua itu berakhir
Aku pun dapat langsung terlelap
Mestinya kau tak ada kesempatan lagi
Menampakan dirimu dianganku
Namun tetap pada akhirnya aku yang kalah
Karena kau pun bahkan muncul saatku terlelap

Mau tidur ...
tiba tiba kau melintas lagi di sisi ruang batinku

3 Oktober 2016
Written by Ari Budiyanti

Senin, 01 Oktober 2018

Pendidik

Menjadi pendidik tidaklah mudah
Adakalanya bersalah
Dan bagaimana menyikapi kesalahannya
Dengan keanggunan budi yang terpatri
Bukan dalam ego tersembunyi
untuk benar diri
Namun rela menjadi teladan
dalam pengampunan
Pengakuan dan perbaikan
Karena pendidik juga manusia
yang terus bertumbuh
Bersama anak-anak didiknya

Lagi-lagi sebuah renung diri