memotivasi diri

Teman-teman terkasih,

jika kau masih hidup sampai sekarang,
berarti kau masih beroleh anugerah Tuhan
yaitu kesempatan untuk mewarnai dunia dengan cerahmu'


My Beloved Friends,
if you still alive,
that means you still get a grace from God,
a chance to color the world with your bright.

Selasa, 30 Oktober 2018

About Planting flower

this morning
simply talking
....

ini foto bunga yang Miss tanam bareng sama kalian dulu tanam biji loh
(kata saya)

koq cepet Miss berbunganya
(sahut seorang anak)

iya.. kira-kirq kenapa ya?
(saya memberi pertanyaan yang membuat mereka menganalisa)

mungkin tanahnya lebih subur ya miss?
(murid 1 mulai menganalisa)

tanahnya sama dengan tanah yang miss kasi ke kalian untuk menanam
(jawab saya)

karena dapat cukup matahari ya Miss
(analisa lainnya dari murid yang lainnya)

iya, dapat sinar matahari cukup kadang-kadang, karena Miss tanamnya di balkon jadi tudak selalu kena cahaya matahari langsung
(saya menjelaskan)

setidaknya mereka mulai bisa menyimpulkan.. tanaman bisa tumbuh subur karena tanahnya subur dan pencahayaan yang baik dari sinar matahari

baiklah itu memang analisa sangat sederhana dari anak-anak, dan bukan hal yqng istimewa bagi sebagian besar orang dewasa.. mungkin ya

tapi bagi saya yang mengajar mereka, ada kepuasan tersendiri melihat mereka mampu menyerap pelajaran yang diberikan dalam teori (pelajaran IPA) ketika dipraktekan dalam kehidupan nyata (mangamati pertumbuhan tanaman yang saya tanam dan juga mereka tanam)

ending conversation this morning

oya ..Miss ingat.. tanaman Miss selalu Miss siramin dengan air sisa cucian beras.. kalau Miss mau masak nasi.. mungkin itu yang membuat tanah jadi lebih subur ya dan tanamannya berbunga lebih cepat dan juga Miss tanam di pot yang besar jadi tanahnya lebuh banyak
(jelas saya pada akhirnya)

memang sih saya sering bilang juga ke anak-anak kalau saya menyiram tanaman dengan air sisa cuci beras.

just this morning conversation with some pupils in the class

Tidak ada komentar:

Posting Komentar